Rabu, 24 Oktober 2012

KOGNISI KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN


PERILAKU KONSUMEN


3.  Jelaskan perbedaan antara perceptual selection dengan perceptual organization ? Sertakan pula faktor-faktor yang mempengaruhi perceptual selection serta tiga prinsip perceptual organization yang dikaitkan dengan strategi pemasaran.
PERCEPTION

     Bagaimana individu melihat dan mengerti lingkungannya. Meliputi bagaimana individu tersebut menyeleksi, mengorganisasi, dan menginterpretasi stimulus-stimulus, yang digunakan untuk mengerti dunia.Setiap saat manusia mendapat stimuli baik dari kehidupan sehari-hari ataupun dari iklan. Menurut Chernatory, setiap hari konsumen menerima 550 iklan.Untuk menanggulangi serangan dari banyaknya stimuli, otak akan menyeleksi stimuli-stimuli yang akan diberi perhatian. Stimuli-stimuli yang terpilih ini nantinya akan dicerna, dipahami, dan dimaknai. Individu akan menginterpretasi stimuli yang terpilih tadi berdasarkan pengalamannya. Sehingga stimuli itu diseleksi, diorganisir, dandiinterpretasi.
Perception dibagi menjadi dua yaitu perceptual selection dan perceptual organization.
1.    Perbedaan Antara Perceptual Selection Dengan Perceptual Organization.
·                                 Perceptual Selection
1. Menyeleksi pesan-pesan atau stimuli yang masuk ke dalam fikiran kita secara individual.
2. Stimuli yang dilakukan meliputi intensitas dan ukuran, posisi, kontras, kebaruan, pengulangan, dan pergerakannya.
·                                 Perceptual Organization
1. Stimuli yang banyak datang dari lingkungan tidak diserap begitu saja. Setiap orang melakukan pengorganisasian terhadap stimuli tersebut.
2. Stimuli dilskuksn dalam tiga bentuk, yaitu hubungan figur dan latar belakang, pengelompokan dan penyelesaian.
2.    Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perceptual Selection
Perceptual selection
Perhatian (attention) merupakan faktor yang sangat penting dalam menyeleksi pesan-pesan atau stimuli yang masuk ke dalam fikiran kita.
Faktor eksternal dari sebuah stimuli meliputi intensitas dan ukuran, posisi, kontras, kebaruan, pengulangan dan pergerakannya. Hal tersebut juga dimanfaatkan dalam komsar, seperti memberikan animasi bergerak, angel kamera yang tidak terduga, music, serta sexual attraction.Factor internal stimuli – yaitu ekspektasi, needs, dan motivasi individu.Individu akan mengharapkan melihat atau mendapat stimuli seperti yang mereka harapkan.
Stimuli yang bertentangan dengan harapan individu justru merupakan stimuli yang menarik perhatian. Individu mempunyai kecenderungan untuk menyeleksi informasi yang mereka dapatkan – selective attention theory – individu cenderung menolak informasi yang bertentangan dengan kepercayaan mereka selama ini . . . . . . . .


Untuk File Word yang lengkap mengenai KOGNISI KONSUMEN DAN STRATEGI PEMASARAN bisa donwload disini http://www.mediafire.com/view/?c9p5prwxub4ql15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar